Tuesday 7 October 2014

Momen dimana lu pengen bacok diri sendiri

HAI GUYS. Liat bulan apa sekarang, tahun berapa sekarang. Yak, oktober 2014. Apa artinya ini gais? Temen lu ulang taun? Lu bakal anniversary jadian? Bakal ada UTS? Kalau temen lu ultah sih gua nggak peduli, apalagi kalau lu anniv.
Yang mau gua bahas sih,
Oktober, berarti gua udah mau UTS di kampus.
Enggak, lu nggak salah baca, gua nulis kampus tadi. Kampus.
Yak, gua udah kuliah sekarang. Kuliah.

Kalau lu temen deket gua, mungkin lu lagi mikir 'Lah emang ada universitas yang mau nerima Jani?' atau, 'Lah emang Jani bisa kuliah?!' oke, nyesek emang, tapi gua sendiri rada takjub kenapa gua yang pemalas, hina dan hidup seenaknya ini bisa lolos ujian masuk universitas.

Awalnya,

Gua ikut ikutan temen-temen gua yang pada daftar SNMPTN. Itu lho, jalur undangan masuk universitas. Yang pake nilai raport itu. Gua yang notabene nilai raportnya nggak lebih bagus dari raport yang sering dijadiin bungkus gorengan ini mah coba-coba aja, siapatau hoki gede. Siapatau tiba-tiba lolos.
Dan untungnya, nggak lolos.

Kenapa untung? Ya iyalah. Orang yang lolos SNMPTN didaulat pinter. Sedangkan gua matematika aja remednya udah nggak bisa diitung pake jari tangan ditambah jari kaki. Oke, fix, nggak dapet undangan. But I don't even care, life goes on. Chill bro, chill. Gua nggak deg degan sama sekali pas pengumuman SNMPTN, karena emang udah ada feel aja,
'Nggak bakal dapet bro, nggak dapet. Liat temen lu yang pinter mampus aja nggak dapet, apalagi lu. Inget bro, masih ada satu cara lagi masuk universitas yang lu pengen, lewat SBMPTN. Masih banyak waktu bro, move on aja bro dari SNMPTN bro.'
Gitu.

Bahkan mau UN aja gua belajar udah kayak beol; saat sudah kepepet, lakukanlah. Ya, gua belajar saat gua merasa perlu. Bahkan saat gua nggak ngerti beberapa soal matematika, gua nggak belajar karena yang gua pikir cuma yang menting lulus. Jangan ditiru.

Alhasil, pas UN, gua cuma bisa ngerjain sekitar 70-80% soal dari tiap mata pelajaran. Tapi gua nggak merasa hidup ini pahit, gua nggak merasa pengen terjun dari balkon. Yang gua lakukan cuma nepok bahu temen gua yang notabene tingkat ke-cool-an nya persis banget kayak gua, dan nanya,
"Gimana tadi soalnya?"
Dan jawaban paling standar yang keluar adalah, "Lumayan." atau "Gila."
Terus gua sama temen gua ini ketawa-tawa nista kayak baru digombalin.
Tapi disaat itu, gua nggak merasa pahit ataupun apa, yang gua tau, saat gua ketawa bareng temen gua ini, gua bahagia karena gua sama sekali nggak merasa terikat dengan ujian yang bagai mempertaruhkan 3 tahun masa SMA.

Sebenernya nih,
Gua sedikit menyesal, kenapa gua sangat males dan sangat cuek semenjak penjurusan di SMA. Gua rada nggak ngerti kenapa gua dapet IPA, meski sebenernya emang gua pengen IPA demi masuk universitas idaman gua sejak SMP. Di awal-awal, gua merasa worthless, merasa seperti seonggok daging yang ditaro didalem kelas dan menjadi saksi bisu sebuah pelajaran; gua ada disana, menyaksikan, tapi bisu. Hal paling maksimal yang bisa gua lakukan adalah menyimak; tapi nggak bisa berpartisipasi.

Kelas 2 itu saat-saat paling mentok dimana gua mengisi hari-hari gua dengan main, main, dan main. Gua merasakan nilai 30 untuk pertama kalinya di kelas 2 SMA. Tapi gua nggak shock, mungkin jantung gua udah muak juga sama diri gua sendiri yang dapet nilai buruk karena emang nggak berusaha dapet nilai bagus.

Namun tiba-tiba *ceilah*, ada satu perputaran roda nasib yang terjadi pas pertengahan kelas 2 SMA. Gua pindah tempat duduk, tadinya sama anak yang super gaul pintar dan rajin organisasi, terus gua jadi duduk sama anak yang terlihat pendiem rajin dan berwibawa. Ingat, gua memakai kata 'terlihat', berarti hal-hal positif yang gua sebutin tadi itu sekedar first impression. Anak ini aslinya sehobi sama gua, rusuh, alay, ngeselin, kampret, minta dihajar... Macem-macem ternyata. Dan satu selain sehobi, ternyata gua dan teman sebangku gua yang baru ini, mau masuk ke universitas yang sama.

Gua nggak ngerti kenapa gua yang pas kelas 1 SMA ini temennya pas-pasan, bisa ketemu sama orang-orang yang ternyata bisa memutar hidup gua beribu-ribu derajat. Di kelas 2 SMA ini gua ketemu sama friend of a lifetime. Ada satu anak yang keliatan pendiem dan baik banget tapi nggaktaunya kalau lagi jelasin sesuatu, cara ngomongnya kayak preman stasiun. Ada juga kutu kupret yang super nyeni, yang dari cara ngomongnya aja gua udah tau kalau orang ini unik. Dan ada juga anak yang gua kira gua nggak bakal deket sama dia, ternyata dialah orang yang paling sama dengan gua; mulai dari cara ngomong, selera humor, rute pulang pergi sekolah, nomor angkot, pendapat dan sudut pandang terhadap sesuatu, gua sama si temen gua ini mirip banget. Gua sampe sempet heran, kenapa ada orang yang bisa pola pikirnya mirip dengan gua, padahal pola pikir gua sangat nggak manusiawi dan amburadul.

Semenjak kelas 2 SMA semester dua ini, ada satu hal yang gua sesali, yaitu, kenapa gua nggak mencoba akrab dengan orang orang ini dari dulu. Dan ada pula satu hal yang gua pelajari, teman yang selalu kita usahakan untuk selalu ada di samping kita belom tentu teman yang baik buat kita, orang yang nggak pernah lu pikirkan bisa jadi adalah orang yang paling baik untuk dijadikan teman.

Jangan temenan karena gengsi. Serius, lu bakal nyesel. Cari temen yang cocok sama lu, serendah apapun lu harus nurunin gengsi, saat udah cocok, gengsi itu cuma sampah; lu yang buat, lu juga yang harus buang.

Kelas 3, disaat keoptimisan dan keambisiusan udah hampir nyampe klimaks. Lu udah senggol temen temenlu dari jalan lu, lu udah berusaha ngurangin waktu main sama temen lu buat belajar, lu udah berusaha deketin temen lu yang paling pinter biar kecipratan ilmu, lu udah sibuk macem-macem, tapi gua ngapain?
Gua masih main-main di lingkar pertemanan yang gua anggap paling menyenangkan dimasa SMA gua. Entah kenapa, main sama mereka tuh menyokong mental gua. Gua jadi santai, ya itu pasti. Iyalah main mulu. Tapi, dilain pihak, gua seneng mereka gapernah open up topic yang depressing macem snmptn atau sbmptn, yang biasanya kalau udah dibawa ngobrol jatohnya jadi galau-galau jelas macam anak baru gaul.

Semenjak gua masuk lingkar pertemanan ini, gua lebih bebas mengekspresikan gua yang sebenernya. Stress gua karena harus ngebalap temen-temen gua di IPA yang lagi saingan buat dapet undangan SNMPTN, jadi kendur. Gua nggak stress, gua nggak jor-joran. Tapi ada satu hal lagi yang hilang: Gua kehilangan kemampuan gua untuk merasa panik di situasi yang harusnya gua khawatirkan.

Gua nggak les, dirumah nggak belajar pula. Mau jadi apa gua ini, pikir gua saat gua lagi nonton Gravity Falls di cartoon network. Mau ujian, gua nggak degdegan. Mau ujian praktek, nggak degdegan juga. Gua sempet nanya sama temen gua yang gua bahas diawal-awal tadi,
'Gua kok nggak degdegan, kenapa ya?'
Dia jawab, 'Gua juga!' which is sangat tidak menjawab pertanyaan gua. Tapi setidaknya, bukan cuma gua yang mengalami ini. Oke, gua merasa kayak pertapa; tenang bagaikan hutan dan sunyi bagaikan gunung. Gua nggak pernah mengalami degdegan di ujian praktek manapun. Di ujian tertulis manapun. Di try out manapun. Bahkan di UN sekalipun.
Pengumuman undangan pun, nggak degdegan sedikitpun.

Setelah undangan diumumin, gua nggak dapet, nyokap gua kecewa. Iyalah, disaat beberapa temen gua dapet undangan, gua nganggur. Lebih gilanya, selain nggak les, gua nggakpunya universitas cadangan buat jaga-jaga kalau gua nggak lolos ujian tertulis yang bakal diadain setelah SNMPTN.

Karena gua sadar bahwa hidup gua ini ada, salah satunya karena gua selalu diurus kedua orangtua gua, akhirnya gua sadar gua harus berjuang. Cuma, gua sadarnya telat. Ada jeda beberapa minggu dari UN ke pelaksanaan SBMPTN. Tapi apa yang gua lakukan, gua nggak belajar sama sekali sampai H-2 minggu SBMPTN. Belajarpun nggak bisa disebut belajar. Temen-temen gua udah pada sibuk les dan menimba ilmu, gua cuma nonton kartun yang selalu diulang episodenya setiap empat hari sekali. Gua beli buku soal, nggak pernah gua kerjain men. Gua cuma kerjain seadanya, pelajaran yang paling simpel: Biologi. Gua baca sampe gempor, dari nggaksuka biologi sampe demen. Tapi tetep, cuma seadanya. Sampai akhirnya gua meminta sesuatu pada nyokap gua,

Gua meminta ke nyokap gua supaya gua tinggal di rumah gua di sentul sendirian,
sementara nyokap, bokap, dan dua sodara gua tinggal di jakarta, melaksanakan kegiatan sehari-hari. Nyokap awalnya khawatir apakah gua bakal makan bangkai tikus selama gua hidup sendirian karena gua orangnya nggak pedulian, tapi akhirnya nyokap gua mensuplai gua dengan bahan makanan untuk hidup sendirian selama seminggu.

Note: Gua orangnya parnoan dan penakut. Bisa dibayangkan betapa nightmarenya tinggal sendirian di sentul yang kompleksnya sepi dari senin sampai jumat. Tapi, gua tangguh, gua tau gua harus melakukan perubahan supaya bisa belajar serius.

Tapi emang niat gua tipis banget, gua cuma belajar dari senin sampe rabu. Itupun belajar cuma pagi sampe siang. Sisanya? Nonton TV, main laptop. Kalau gua inget-inget sejarah hidup gua, mungkin ini fase paling hina. Dengan dalih belajar, gua minta tinggal sendirian, tapi apa yang gua lakuin. Gua tetep santai-santai. Mana cita-cita lu masuk universitas idaman men, tinggal seonggok kotoran di atas pasir.

Setelah gua coba simpulkan sistem belajar gua sebelum SBMPTN... Gua baru ngeh bahwa belajar gua yang mati-matian cuma terlaksana tiga-empat hari. Sisanya... Yagitu. Belajar dikit, main. Belajar dikit, main. Bacok aja gua, bacok aja. Karena gua sadar, gua sangat salah. Sangat salah.

Waktu tinggal sedikit, akhirnya gua belajar lagi sampai h-2 SBMPTN, which is sangat tidak dianjurkan karena justru, it makes your heart racing and your mind overthinking.

Dan ajaibnya, sampai saat itu, jantung gua nggak berdebar-debar hebat kayak mau nembak orang. Yang gua rasain cuma, overthinking. Universitas yang gua mau ini nggak buka jalur mandiri, Jan, lu yakin bisa lolos tes terakhir, tes satu-satunya yang bisa bikin lu masuk Universitas idaman lu ini? Atau lu harus gagal dan terpuruk, menyesali segala kemalasanlu saat ini?
Gua nggak bisa jawab, yang gua tau, gua malas dan tak seharusnya gua berlaku demikian.

No comments:

Post a Comment

Write down your comments here!