Sunday 5 May 2013

Manga review: Tadaima no Uta

Title (Original): Tadaima no Uta
Title (Indonesia): Song for my sweet home
Mangaka: Fujimoto Yuuki

[CONTAIN SPOILER]



Sebelum nulis review, bahas mangaka-nya dulu deh... Dan sekalian bahas karya mangaka ini yang sebelumnya.

Pas pertama kali liat komik 'Song for my sweet home' di display toko buku, rasanya seneng banget! Semenjak baca 'Sparkling Gingachou' karyanya Fujimoto Yuuki juga, saya langsung suka banget sama mangaka yang ini. Banyak kalimat yang inspiratif dari setiap tokoh di komiknya, alur ceritanya juga nggak pasaran.

Contohnya di Sparkling Gingachou (Judul asli: Kirameki Gingachou Shoutengai) yang genrenya Comedy, Romance, Friendship, Slice of life dan School life. Volume awal-awal isinya tentang comedy-friendship, tapi makin mendekati akhir, alur ceritanya makin menuju ke romance-friendship. Huah pokoknya baca berulang kali nggak bosen deh.

Dulu pas liat komik Sparkling Gingachou di toko buku, langsung tertarik. Soalnya saya sukaaa banget komik yang dasarnya friendship. Apalagi, ada comedy-nya juga. Meskipun ada romance-nya, tapi tetep aja bagus ceritanya. Bagus banget, deh! Two thumbs up for Fujimoto Yuuki dan M&C!

Tapi sayangnya, dulu komik ini terbitnya lama banget. Dari volume 1 ke volume 2 makan waktu dua tahun! GAH! Kirain nggak bakal lanjut lho! Makanya, pas volume 2-nya terbit, rasanya seneng bukan main.

Setelah komik Sparkling Gingachou tamat di volume 10, M&C! nerbitin komiknya Fujimoto Yuuki yang judulnya 'Song for my sweet home'. Meskipun nggak tau ceritanya kayak gimana, tapi tetep aja langsung beli (saya tipe orang yang beli komik dengan mempertimbangkan faktor 'mangaka'; nggak peduli komiknya tentang apapun, kalau yang bikin itu mangaka favorit saya, langsung beli tanpa pikir panjang...)

Nah, sesuai dugaan, ternyata komik buatannya Fujimoto Yuuki ini juga baguuuuuuus banget! Genre komik ini Comedy, Drama, Slife of Life, School Life. Ceritanya tentang Himawari Hanadera, anak perempuan satu-satunya dari lima bersaudara keluarga Hanadera.

Nah, orangtua dari lima bersaudara keluarga Hanadera ini meninggal pas lima bersaudara ini masih kecil. Lima bersaudara ini terdiri atas Sakura Hanadera, anak laki-laki tertua di keluarga Hanadera. Semenjak orangtuanya meninggal, dia jadi pilar keluarga, kerja sambilan di berbagai tempat buat menghidupi keluarganya. Terus, anak laki-laki kedua, Kikunosuke Hanadera, panggilannya Kiku. Karena suka banget sama benda-benda yang imut dan cantik, kepribadian Kiku jadi kayak perempuan. Anak Ketiga, Himawari Hanadera. Diantara lima bersaudara, dia anak perempuan satu-satunya. Yang Keempat, Aoi Hanadera. Semenjak orangtuanya meninggal, kepribadiannya jadi berubah, dari yang baik jadi super serius! Dan yang paling bungsu, Umeta Hanadera. Orangtua mereka meninggal pas Umeta masih bayi. Jadi, diantara lima bersaudara ini, cuma Umeta yang nggak punya kenangan akan orangtuanya.

Awalnya, ceritanya agak sedih... Apalagi pas diceritain tentang masa lalu keluarga Hanadera. Ada juga beberapa chapter yang nyeritain tentang masa lalu tiap tokoh dari lima bersaudara Hanadera. Tapi tetep, ada juga chapter yang isinya cerita comedy. Pokoknya lengkap banget deh! Nggak bakal bosen baca komik ini, soalnya tiap chapternya pasti ada nilai kehidupannya. Dan yang khas dari Fujimoto Yuuki, tiap tokoh pasti punya tagline atau kata-kata motivasi/kata-kata penyemangatnya sendiri. Super inspiratif!

Komik yang genrenya comedy, slice of life, drama dan school life ini juga ada cerita romance-nya. Apalagi artworknya juga lumayan bagus, gambar matanya nggak terlalu besar dan nggak berlebihan. Artworknya juga rapi dan penataan panel-nya nggak bikin pusing. Buat yang mencari komik yang lumayan menyentuh tapi juga segar dan menghibur, komik ini direkomendasikan!

Note:
Komik ini diterbitin sama M&C!, dan sampai sekarang udah sampai volume 4. Pertama-tama, mau ngucapin terimakasih ke M&C! karena udah nerbitin komik ini di Indonesia! Apalagi, terjemahannya bagus banget. Tapi, kadang ada beberapa tanda baca yang kayaknya kurang tepat... Terutama di volume 3 dan volume 4. Kadang juga suka ada text dialog yang kayaknya ketuker antara satu tokoh dengan yang lainnya. Tapi untuk selebihnya udah bagus. Lebih bagus lagi kalau tulisan jepang yang menunjukkan keterangan nama (misalnya nama sekolah, papan nama suatu tempat atau tulisan pada label kemasan) tetep ditulis dalam huruf jepang, tapi diberi tambahan keterangan atau arti diluar panel.

Untuk M&C!, terus terbitkan karya-karyanya Fujimoto Yuuki ya! Kalau nggak salah, Tadaima no Uta sudah mencapai volume 5 di Jepang, dan Fujimoto Yuuki udah nerbitin karya barunya yang berjudul 'Konbini Tenshi' yang berstatus 1 Volume/Tamat. Tolong diterbitkan, terima kasih banyak!

No comments:

Post a Comment

Write down your comments here!