Saturday 16 February 2013

Pinchpenny


JADI,
Beberapa hari lalu, gua baru aja pergi ke gramedia matraman,
bareng beberapa temen sekelas gua. 
Dan kalian semua udah tau kan ada berapa banyak godaan yang ada di gramedia...
Komik.
Gua nggak ngerti lagi, benda ini selalu tambah mahal tapi sekaligus tambah seru. Dan hal ini selalu berbanding lurus. Saking lurusnya, gua nggak bisa lagi belok kalau udah niat beli komik. Pasti langsung beli...


Terus, hal lain yang selalu manggil-manggil buat dibeli,
cemilan.
kudapan.
Dan segala yang selalu bikin sistem percernaan nggak bisa nganggur.
Sekalinya ke grocery store,
kayaknya kasusnya sama kayak kasus komik,
pasti langsung beli.

Sebenernya dulu masih bisa nahan beli, tapi semenjak kakak gua ngasih quote yang merupakan quote dari bapak gua sendiri... Gua ke brainwash
Begini bunyi Quote-nya:


"Jangan pelit sama diri sendiri."
Ya, quote penjerumus.
Tapi dipikir-pikir bener juga.
Buat apa coba, pelit sama diri sendiri? Menzalimi diri sendiri itu nggak baik.

Bukannya nyuruh buat ngehamburin duit juga,
tapi maksudnya supaya nggak nyesel gara-gara nggak beli. Tapi mendingan bikin puas dulu diri sendiri, rasa nyesel setelah beli itu nggak sama dengan rasa nyesel gara-gara nggak beli. Malah, beda jauh.

Coba kalau nyesel nggak beli,
nanti pasti kepikiran...

Terus jadi sering nyisain duit dan meneguhkan diri sendiri, "Pokoknya nggak boleh nyesel lagi kapan-kapan."
Tapi pas udah ketemu barang yang mau dibeli, jadi nggak bisa beli gara-gara udah biasa nyisain duit. Terus penyesalannya berulang lagi. Begitu danseterusnya. Setres kan kalau gitu...

Mending nyesel pas udah beli.

Nih misalnya, lu beli barang, pasti lu juga tau kan batasan harga barang yang mampu lu beli. Biarpun laper mata pertamanya, tapi yang penting nggak kepikiran. Duit udah kepake nggak bisa balik, tapi nanti ujung-ujungnya juga uang itu berputar. Nyesel setelah beli itu, paling mentok paling mikirnya "Ah mending lainkali nggak usah beli lagi, yang ini nggak apa-apa deh sekali-sekali."

Nah jadi lebih pemilih untuk kedepannya. Beli aja semua barang yang lu pengen asalkan cukup budget. Uang kan buat sebagai alat penukar, alat jual-beli, ngapain dipendem-pendem, nanti jadi malfungsi kan... (?)

Terus gua baca di buku agama *tsah* kalau nyimpen harta itu nggak tenang, takut ilang.
Nah mending hartanya jadiin barang aja kan, tapi ya jangan sembarang beli barang juga.
Ya gitu deh, intinya jadilah bijak dan jangan menyiksa diri.
Kayak gua nih, nabung jalan tapi jajan juga jalan. Nggak tau nih gimana bisa jalan, yang penting mah jangan mentingin harta. Disimpen-simpen nggak karuan... Toh punya banyak harta nggak jamin bisa bahagia, biarpun benda yang bikin kita bahagia bisanya dibeli pake harta...

No comments:

Post a Comment

Write down your comments here!